Saturday 16 March 2013

BANK vs KOPERASI

Kali ini saya akan membahas tentang 2  perbedaan badan usaha, yaitu BANK dan KOPERASI.
Dalam tulisan ini saya akan mengupas terlebih dahulu tentang pengertian dari masing-masing badan usaha.
Mulai dari awal terbentuknya badan usaha tersebut, perkembangan, serta manfaat atau peran apa saja yang dibawa masing-masing badan usaha dalam mempengaruhi perkembangan kemajuan negara khususnya Indonesia.
Kemudian yang terakhir saya akan menjelaskan atau mengambil kesimpulan  2 perbedaan dari kedua badan usaha tersebut.
Penjelasan singkat yang pertama yaitu tentang bank.
Sejarah perbankan di Indonesia tidak terlepas dari zaman penjajahan Hindia Belanda. Pada masa itu De javasche Bank, NV didirikan di Batavia pada tanggal 24 Januari 1828 kemudian menyusul Nederlandsche Indische Escompto Maatschappij, NV pada tahun 1918 sebagai pemegang monopoli pembelian hasil bumi dalam negeri dan penjualan ke luar negeri serta terdapat beberapa bank yang memegang peranan penting di Hindia Belanda. Di samping itu, terdapat pula bank-bank milik orang Indonesia dan orang-orang asing seperti dari Tiongkok, Jepang, dan Eropa.
Di zaman kemerdekaan, perbankan di Indonesia bertambah maju dan berkembang lagi. Beberapa bank Belanda dinasionalisir oleh pemerintah Indonesia. Di Indonesia, praktek perbankan sudah tersebar sampai ke pelosok pedesaan. Lembaga keuangan berbentuk bank di Indonesia berupa Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Bank Umum Syari’ah, dan juga BPR Syari’ah (BPRS).
Menurut Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tanggal 10 November 1998 tentang perbankan, yang dimaksud dengan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Bank memiliki fungsi sebagai “Agen Pembangunan” (Agent of Development).
Fungsi bank secara umum adalah menghimpun dana dari masyrakat luas(funding) dan menyalurkan dalam bentuk pinjaman atau kredit(lending) untuk berbagai tujuan.
Peran perbankan nasional dalam membangun ekonomi merupakan salah satu sector yang diharapkan berperan aktif dalam menunjang kegiatan pembangunan nasional atau regional. Peran itu diwujudkan dalam fungsi utamanya sebagai lembaga intermediasi atau institusi perantara antara debitor dan kreditor. Dengan demikian, pelaku ekonomi yang membutuhkan dana untuk menunjang kegiatannya dapat terpenuhi dan kemudian roda perekonomian bergerak.
Penjelasan singkat yang kedua tentang koperasi.
Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama
Sejarah singkat gerakan koperasi bermula pada abad ke-20 yang pada umumnya merupakan hasil dari usaha yang tidak spontan dan tidak dilakukan oleh orang-orang yang sangat kaya.Koperasi tumbuh dari kalangan rakyat, ketika penderitaan dalam lapangan ekonomi dan sosial yang ditimbulkan oleh sistem kapitalisme semakin memuncak.Beberapa orang yang penghidupannya sederhana dengan kemampuan ekonomi terbatas, terdorong oleh penderitaan dan beban ekonomi yang sama, secara spontan mempersatukan diri untuk menolong dirinya sendiri dan manusia sesamanya. Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 12 Juli 1947, pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya. Hari ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia.
Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa
Setelah kita klasifikasikan pengertian dan sejarah dari masing-masing badan usaha tersebut, maka dapat saya simpulkan perbedaan dari keduanya.
Bank dan koperasi telah menjadi fundamental hal yang sama. Perbedaannya adalah karena sejarah kredit serikat ‘sebagai akar rumput kelompok koperasi, sementara bank selalu untuk lembaga nirlaba.
Sebuah koperasi adalah lembaga keuangan yang dimiliki oleh orang-orang yang menggunakannya dan anggotanya. Biasanya, para anggotanya adalah orang-orang yang berbagi sesuatu yang sama, seperti pekerjaan. Koperasi adalah non-profit organisasi sehingga dapat membebankan biaya yang lebih rendah dan suku bunga untuk pinjaman dan membayar suku bunga yang lebih tinggi pada tabungan.
Sedangkan bank adalah sebuah lembaga keuangan yang menyediakan berbagai produk dan layanan kepada pelanggan, termasuk rekening pemeriksaan dan tabungan, pinjaman dan pertukaran mata uang. Diatur oleh Federal Reserve Bank.

NAMA   : PUTRI ANNISA
KELAS   : 2EA17
NPM       : 15211633

2 comments:

Eileen said...

ok banget artikelnya
Bitcoin Gratis




Login Dibayar

Eileen said...

Okokoko
Bitcoin Book Store

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates