Perkembangan dan pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia saat
ini memang sangat pesat. Ini tentunya memberikan dampak sangat baik
bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia secara menyeluruh. Indonesia
mempunyai lebih dari 17 (tujuh belas) juta Usaha Kecil Menengah (UKM)
dan sekitar tujuh puluh ribu yang memiliki website untuk bisnis online nya. Lebih dari 14000 UKM Indonesia yang Mengembangkan Bisnis Lokal nya menjadi Bisnis Go Online di Facebook.
Di era kemajuan teknologi internet seperti sekarang ini, peluang
usaha bisnis online cukup banyak dan menjamur. Ada banyak cara dan celah
orang mencari uang dan berbisnis di internet. Selain cukup mudah dan
murah, peluang usaha bisnis online juga bisa menghasilkan income yang
menyaingi usaha di dunia nyata. Bahkan orang-orang yang secara fokus
mengelola usaha bisnis online, penghasilan mereka bisa jauh lebih besar
ketimbang bisnis di dunia nyata.
Bahkan seorang yang gaptek pun, tidak perlu risau untuk melirik
peluang usaha bisnis online. Peluang usaha bisnis online yang ada saat
ini telah menawarkan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Bisnis
online ini bisa secara otomatis menggunakan layanan sebuah situs untuk
memulai usaha bisnis online, menginstall sebuah software atau bahkan
membeli secara murah akun-akun tertentu yang bisa digunakan untuk
memulai usaha bisnis online. Yang dibutuhkan untuk memulai sebuah
peluang usaha bisnis online adalah kemauan dan keseriusan. Bahkan saat
ini telah ada banyak perusahaan yang menawarkan kursus-kursus pelatihan
mengelola dan memulai peluang usaha bisnis online.
Walaupun sampai saat ini masih banyak para pebisnis UKM yang masih
mengalami banyak kendala dalam usahanya, seperti masalah modal, jaringan
pemasaran, promosi, dan hal lain yang menjadi penghambat kecil dalam
membangun sebuah usaha tertentu. Namun UKM sebagai salah satu badan
usaha yang melakukan kegiatan industri yang tahan banting dan
menghiraukan adanya krisis global yang beberapa tahun lalu sempat
menyumbangkan banyak perusahaan besar yang ada di negara kita. Dan
berikut ini adalah cara membuat rencana strategi bagi bisnis / usaha
kecil dan menengah (UKM) di Indonesia.
Proses perencanaan strategis dapat berupa :
- Membangun pertumbuhan tujuan realistis dan sasaran
- Fokus sumber daya pada prioritas utama
- Meningkatkan produktivitas staf
- Membangun tim yang kuat
- Mengukur kemajuan
NAMA : PUTRI ANNISA
KELAS : 2EA17
NPM : 15211633
0 comments:
Post a Comment