Saturday 16 March 2013

UKM go online!

Perkembangan dan pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia saat ini memang sangat pesat. Ini tentunya memberikan dampak sangat baik bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia secara menyeluruh. Indonesia mempunyai lebih dari 17 (tujuh belas) juta Usaha Kecil Menengah (UKM) dan sekitar tujuh puluh ribu yang memiliki website untuk bisnis online nya. Lebih dari 14000 UKM Indonesia yang Mengembangkan Bisnis Lokal nya menjadi Bisnis Go Online di Facebook.
Di era kemajuan teknologi internet seperti sekarang ini, peluang usaha bisnis online cukup banyak dan menjamur. Ada banyak cara dan celah orang mencari uang dan berbisnis di internet. Selain cukup mudah dan murah, peluang usaha bisnis online juga bisa menghasilkan income yang menyaingi usaha di dunia nyata. Bahkan orang-orang yang secara fokus mengelola usaha bisnis online, penghasilan mereka bisa jauh lebih besar ketimbang bisnis di dunia nyata.
Bahkan seorang yang gaptek pun, tidak perlu risau untuk melirik peluang usaha bisnis online. Peluang usaha bisnis online yang ada saat ini telah menawarkan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Bisnis online ini bisa secara otomatis menggunakan layanan sebuah situs untuk memulai usaha bisnis online, menginstall sebuah software atau bahkan membeli secara murah akun-akun tertentu yang bisa digunakan untuk memulai usaha bisnis online. Yang dibutuhkan untuk memulai sebuah peluang usaha bisnis online adalah kemauan dan keseriusan. Bahkan saat ini telah ada banyak perusahaan yang menawarkan kursus-kursus pelatihan mengelola dan memulai peluang usaha bisnis online.
Walaupun sampai saat ini masih banyak para pebisnis UKM yang masih mengalami banyak kendala dalam usahanya, seperti masalah modal, jaringan pemasaran, promosi, dan hal lain yang menjadi penghambat kecil dalam membangun sebuah usaha tertentu. Namun UKM sebagai salah satu badan usaha yang melakukan kegiatan industri yang tahan banting dan menghiraukan adanya krisis global yang beberapa tahun lalu sempat menyumbangkan banyak perusahaan besar yang ada di negara kita. Dan berikut ini adalah cara membuat rencana strategi bagi bisnis / usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia.
Proses perencanaan strategis dapat berupa :

  1. Membangun pertumbuhan tujuan realistis dan sasaran
  2. Fokus sumber daya pada prioritas utama
  3. Meningkatkan produktivitas staf
  4. Membangun tim yang kuat
  5. Mengukur kemajuan
Selain itu langkah dasar dalam perencanaan adalah menggunakan orang dan sumber daya yang terbaik yang paling sesuai dengan karakter perusahaan untuk membantu anda dalam mewujudkan rencana.

NAMA            : PUTRI ANNISA
KELAS           : 2EA17
NPM               : 15211633

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates